Topic outline

  • Interaksi antar Komponen Biotik

    • Kelangsungan hidup dari suatu organisme bergantung dari kehadiran organisme lain yang membentuk suatu interaksi. Interaksi tersebut sangat diperlukan untuk kebutuhan pangan, perlindungan , serta pertumbuhan dan perkembangan organisme. Di dalam ekosistem terjadi interaksi antarkomponen biotik  serta interaksi antara komponen bioti dan abiotik. Dalam materi pembelajaran ini diharapkan peserta didik mampu mengklasifikasi interaksi antar komponen biotik.


    • Interaksi antar komponen biotik meliputi :

      1.       Kompetisi merupakan interaksi tingkat individu pada saat terjadi persaingan makanan, tempat hidup, dan pasangan hidup antara mereka. Contohnya, sapi dan kambing dalam usaha merebutkan makanan di tempat yang sama.

      2.       Predasi merupakan interaksi pemangsa dan mangsa. Pada umumnya pemangsa adalah karnivor, sedangkan mangsa adalah herbivor. Contohnya, ular memangsa tikus.

      3.       Simbiosis merupakan interaksi antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis dan hidup bersama di suatu daerah.

      Ada 4 jenis simbiosis :

      a. Simbiosis mutualisme, yaitu interaksi antara dua organisme yang saling menguntungkan. Contohnya, lebah dan tumbuhan berbunga.

      b. Simbiosis komensalisme, yaitu interaksi yang hanya menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan organisme yang lain. Contohnya, tumbuhan paku yang menempel pada tumbuhan inangnya.

      c. Simbiosis Parasitisme, yaitu interaksi antarorganisme di mana salah satu organisme diuntungkan, sedangkan organisme lainnya dirugikan. Contohnya tanaman benalu dan pohon mangga.

      d. Simbiosis netralisme, yaitu interaksi antara dua jenis organisme yang tidak saling memengaruhi (netral). Contohnya, kambing dengan ayam, keduanya bisa menempati tempat yang sama tanpa harus memengaruhi satu sama lain karena memiliki jenis makanan yang berbeda.


    • Yuriawati, S.Pd - SMK Penerbangan Angkasa Iswahjudi