Topic outline

    • Iman kepada Malaikat merupakan salah satu dari enam rukun iman dalam agama Islam. Iman kepada malaikat berarti meyakini keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang bersifat gaib dan tidak terlihat oleh manusia kecuali jika Allah mengizinkannya. Iman kepada malaikat juga mencakup keyakinan terhadap sifat-sifat dan tugas-tugas yang diberikan kepada malaikat oleh Allah.

      Malaikat dalam Islam dipercaya memiliki berbagai peran, antara lain sebagai utusan Allah untuk menyampaikan wahyu-Nya kepada para nabi, sebagai penjaga dan pelindung individu, serta sebagai catatan amal perbuatan manusia. Iman kepada malaikat juga mencakup keyakinan terhadap keberadaan malaikat yang mencatat amal perbuatan kita, baik yang baik maupun yang buruk.

      Dalam Islam, iman kepada malaikat dianggap penting karena malaikat merupakan salah satu bagian dari penciptaan Allah yang harus diyakini keberadaannya oleh setiap Muslim. Iman kepada malaikat juga berhubungan dengan keyakinan terhadap ketentuan-ketentuan ilahi yang dijalankan oleh malaikat dalam kehidupan manusia.